Kirab Budaya Jawarna Bagikan 500 Bubur Samin Gratis

87

Soloevent.id – Kirab Budaya Jawarna kembali di gelar, Sabtu (17/9/2022) di Kelurahan Jayengan. Jawarna sendiri mempunyai singkatan yaitu Banjar, Jawa dan Cina. Kirab budaya ini merupakan budaya adiluhung yang dapat menjadi sari tauladan bagi masyarakat. Budaya Jawarna diangkat sebagai pembelajaran akan pentingnya hidup rukun walaupun dalam perbedaan.

Peserta Kirab budaya Jawarna ini diikuti oleh warga Kelurahan Jayengan, Serengan, Surakarta. Berbagai pertunjukan dipertontonkan, diantaranya, Pasukan Taruna Merah Putih, Solo Batik Carnival (SBC), perwakilan dari 14 kampung yang ada di Kelurahan Jayengan, Tarian Sufi, Lembaga Pendidikan, paguyuban-paguyuban hingga masyarakat dari tiga etnis yang ada di Jayengan.

Tiga etnis Jawarna menampilkan kirab adat pernikahan budaya Banjarmasin lengkap dengan pakaiannya (Banjar). Lalu, menampilkan kirab budaya Wayang Orang Hanoman (Jawa) dan atraksi barongsai dan ogoh-ogoh dari etnis Cina.

Lurah Jayengan, Aris Herjito menyampaikan, “Kirab Jarwana yang berarti Banjarmasin, Jawa, dan Cina tersebut digelar untuk melestarikan budaya toleransi guna mewujudkan semangat Pancasila dan sikap saling menghormati antarwarga kampung Jayengan. Meski berasal dari tiga etnis yang berbeda, namun kehidupan masyarakatnya selalu bisa rukun. Bahkan hingga tercetus istilah Jawarna yang kali pertama muncul pada tahun 1960-an,” ujarnya saat membuka acara Kirab Jawarna, Jumat (16/9).

Selain acara kirab budaya, terdapat pesta jajanan tiga etnis dan pembagian 500 bubur samin gratis untuk masyarakat. Ada berbagai jajanan seperti Kue Ku, Bacang, Kue Mangkok, Yangko, Bakpao, Cucur, Kue Lumpur, Amparan Tatak, Untug-Untug, Pepare, Klepon, dll.