Keren, 5 Event Fashion Show di Indonesia Ini Curi Perhatian Dunia

0
66
Foto: indonesiafashionweek.id

Soloevent.id – Ada banyak event fashion show di Indonesia. Namun, lima fashion show yang bakal Soloevent bahas ini mampu mencuri perhatian para pencinta mode di luar negeri.

Indonesia Fashion Week

Foto: indonesiafashionweek.id

Event ini dicetuskan oleh Poppy Dharsono, Pia Alisjahbana, dan Harry Darsono. Diselenggarakan pertama kali pada 20 Juli 1993, Indonesia Fashion Week (IFW) menjadi ajang pergelaran busana terbesar di Indonesia.

IFW diadakan oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Lewat IFW, para pelaku industri mode bisa menuangkan karyanya sesuai tren fesyen kekinian, dan para pengusaha fesyen juga dapat memanfaatkan IFW buat mengenalkan karyanya ke warga dunia.

Desainer-desainer top Indonesia sering memamerkan karya-karyanya di IFW. Salah satunya adalah Barli Asmara yang menampilkan koleksi terbaru gaun klasik glamor di Indonesia Fashion Week 2018.

Indonesia Fashion Week 2018 telah diselenggarakan 28 Maret-1 April 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).

Indonesia Modest Fashion Week

Foto: indonesiamodestfashion.com

Event ini mewadahi para desainer busana muslimah untuk menunjukkan eksistensinya.

Di Indonesia Modest Fashion Week (IMF) 2018, salah satu desainer yang tampil adalah Dian Pelangi. Ia memamerkan koleksi-koleksi ready to wear bergaya retro yang dikombinasikan dengan batik.

IMF 2018 telah digelar 3-7 Oktober di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center.

Jakarta Fashion Week

Foto: YouTube

Bisa dibilang Jakarta Fashion Week (JFW) menjadi kiblat mode di Indonesia. Busana-busana bergaya kekinian kerap ditampilkan di event ini.

JFW pertama kali diselenggarakan pada 2008. Salah satu desainer yang tampil di JFW 2017 adalah Ria Miranda dengan busana muslimah bertema “Senjakala”. Karyanya yang didominasi warna pastel menonjolkan sisi anggun dan feminis.

Jakarta Fashion Week 2018 diadakan pada 20-26 Oktober di Senayan City.



Jember Fashion Carnaval

Foto: getlost.id

Dari lima fashion show yang ditulis di artikel ini, Jember Fashion Carnaval (JFW) adalah yang paling beda. Kenapa? Karena fashion show ini digelar outdoor, tepatnya di jalanan Kabupaten Jember. Ada ribuan peserta yang turun ke jalan memamerkan kostum-kostum unik bernuansa Nusantara.

JFC pertama kali digelar tahun 2003 atas gagasan perancang busana Dynan Fariz. Artis ibukota, Anang Hermansyah dan Ashanty, pernah ikut dalam JFW 2016, lo. Saat itu mereka mengenakan kostum karnaval yang menggambarkan rupa burung garuda.

Selain diselenggarakan di outdoor, yang bikin JFW beda dari fashion show lainnya adalah kostum-kostumnya dikonsep sebagai kostum karnaval alias enggak bisa dipakai aktivitas sehari-hari.

Jember Fashion Carnaval 2018 sudah digelar pada 7-12 Agustus. Penyelenggaraan JFC ke-17 ini mengangkat tema “Asia Light (Cahaya Asia)”.

Jogja Fashion Week

Foto: maioloostudio.com

Event tahunan ini adalah ikon fesyennya Yogyakarta. Jogja Fashion Week (JFW) menjadi tempat unjuk gigi para desainer lokal, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para desainer diberi kebebasan buat eksplorasi karya, tapi wajib hukumnya untuk mengedepankan nilai-nilai khas Nusantara.

2018 ini bakalan jadi event ke-13 Jogja Fashion Week. Enggak cuma fashion show, JFW juga akan diisi talk show, pameran, dan lain-lain.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here