Kepingin Nilai Jual Produk Bertambah? Branding Solusinya

0
196

Soloevent.id –  Dalam sebuah produk, kualitas adalah hal utama. Namun, jangan melupakan juga satu hal penting lainnya yang dapat menambah nilai jual, yaitu visual produk atau branding.

Hal itulah yang diangkat mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dari pameran “Kala Kelana”. Event tersebut diadakan selama tiga hari, 12-14 Maret 2018, di Atrium Solo Paragon Mall.

Bagi masyarakat yang belum tahu pentingnya branding dapat belajar dari acara ini. Ada 42 karya yang akan membuka wawasan seputar branding dan bagaimana penerapannya.

Ikhsandi Aprilio, mahasiswa prodi DKV ISI Surakarta sekaligus panitia Kala Kelana, mengungkapkan bahwa visual branding sangatlah penting. Ia pernah membaca sebuah artikel yang mengungkapkan selera manusia terhadap visual semakin bertambah dari masa ke masa. Visual jadi pertimbangan penting dalam mempengaruhi citra dan pembelian produk.



Ikhsan mencontohkan produk nasi liwet. “Jika nasi liwet tersebut dijual ke era modern, masuk mal misalnya, tapi dengan tampilan ala kadarnya [menggunakan pincuk] mungkin orang mengira belum masuk standar dan kesannya murahan,” ujarnya.

Namun, setelah produk tersebut dikemas dengan packaging dan visualisasi yang baik, mulai dari pemberian nama, pencantuman bahan, dan tanggal kedaluwarsa akan lebih meningkatkan daya jual. “Orang melihatnya menjadi keren. Branding penting utk menaikkan derajat sebuah produk,” lanjutnya.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here