Kenapa Selalu Ada Cokelat dan Bunga Saat Hari Valentine?

840
Foto: Jessica Johnston (unsplash.com)

Soloevent.id – Valentine segera tiba. Di hari kasih sayang itu, para pasangan menyiapkan hadiah istimewa dan romantis. Hadiah yang lazim diberikan saat Hari Valentine adalah bunga dan cokelat. Kado tersebut kerap ditambahi kartu ucapan berisi kata-kata manis.

Kamu pernah terpikir enggak, sih, kenapa bunga dan cokelat sering dipakai orang-orang untuk menyatakan cinta dan kebahagiannya? Ternyata rasa manis dinilai cocok untuk melengkapi perasaan senang. Ini sudah terbukti dan teruji secara ilmiah. Zat yang terkandung pada cokelat membuat hormon kita stabil dan lebih merasa tenang.

Hadiah kotak Valentine berisi cokelat dibuat pertama kali oleh Richard Cadbury pada 1861.

Sementara bunga, khususnya bunga mawar, sudah sejak lama menjadi simbol cinta. Bunga ini disebut sebagai bunga favorit Dewi Cinta, Venus. Budaya memberikan bunga mawar awalnya dilakukan oleh orang-orang Victoria.

Bunga sebagai ungkapan cinta selalu digunakan dari generasi ke generasi. Bunga tak cuma cantik, ada juga makna di dalamnya. Warna bunga merah memiliki arti cinta, keindahan, dan keberanian. Sedangkan merah muda menyimbolkan simpati dan kecantikan. Satu tangkai bunga mawar berarti hubungan dan cinta.



Seiring waktu berjalan, bunga dan cokelat menjadi ikon saat perayaan Hari Valentine. Dua hadiah itu mampu menaklukkan pujaan hati. Saat memberikan kado tersebut, pasangan biasanya duduk sambil menikmati makan malam romantis yang ditemani nyala lilin. Mereka lalu bertukar cerita dan tawa.