KEMLAKA TAMPIL DI PRE-EVENT KONSER GAMELAN AKBAR 2015

KEMLAKA TAMPIL DI PRE-EVENT KONSER GAMELAN AKBAR 2015_

 

Ada suasana beda di Danang Kopi, Selasa (26/5/2015). Malam itu, kedai kopi di pelataran Pusat Grosir Solo (PGS) tersebut dihentak alunan musik etnik kontemporer yang dimainkan oleh Kemlaka. Grup musik asal Kota Solo itu menggabungkan instrumen tradisional dengan alat musik modern. Sehingga terciptalah lagu-lagu berirama kedaerahan yang diberi “penyedap” jazz maupun rock.

Tampilnya Kemlaka, tak lain tak bukan, guna menyemarakkan pre-event Konser Gamelan Akbar 2015. Di tahun keduanya ini, event yang menurut rencana digelar 6 Juni 2015 tersebut bakal menghadirkan tiga komposer muda di bidang gamelan. Ketiganya yaitu Dwi “Gendut” Suryanto, Lukas Danasmoro, dan Yeni “Kriwil” Amara.

Mereka dipilih karena kiprah, kemampuan, dan dedikasinya terhadap kehidupan gamelan. Kurator Konser Gamelan Akbar 2015, Joko S. Gombloh, menyebut ketiganya adalah komposer post graduate. “Meraka tidak hanya memainkan [gamelan]. Mereka telah melalui proses pencarian dan penemuan,” tuturnya di sela acara.

Para penampil tersebut juga merupakan representasi dari tema “Battle of Youth”. Pengalaman dan prestasi yang telah dihasilkan ketiganya di usia muda, setidaknya bisa menjadi cerminan para generasi muda untuk mencintai gamelan dan menghasilkan karya dari situ.

“Tahun lalu tema kami adalah ‘Re-inviting Gamelan’. Tahun ini kami ingin merawat gamelan secara lebih lanjut. Maka, gamelan akan kami dekatkan ke generasi muda,” jelas Joko. Agar anak muda lebih tertarik, gamelan bakal dikombinasikan dengan musik-musik yang lebih modern seperti pop, rock, ataupun jazz. “Gamelan itu tidak hanya dinikmati melalui tarian, ketoprak, wayang. Konser besok, kita akan menikmati gamelan dari segi musiknya,” ungkap Joko.

Ketua Panitia Konser Gamelan Akbar 2015, Begog D. Widarso, mengatakan walaupun diberi sentuhan musik modern, tapi 80 persen konten yang disajikan tetap mempunyai unsur gamelan. “Konsep ini untuk menarik anak-anak muda agar tidak melupakan gamelan,” urainya.

Konser Gamelan Akbar 2015 adalah konser yang digelar oleh Komunitas Lestari Gamelan bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Pada 2014 lalu, acara ini menampilkan dua penyaji yakni Blacius Subono dan Dedek Wahyudi.

Terkait

GAMELAN ‘DIEMOHI’ ANAK MUDA, PARA SENIMAN SENGAJ...   Apa jadinya jika cita rasa tradisional gamelan bercampur dengan tabuhan instrumen modern? Inilah yang tersaji pada acara Konser Gamelan ...