Kalender Event Februari, Bulan Spesialnya Kota Solo

0
274

Soloevent.id – Februari selalu spesial bagi Kota Solo. Di bulan inilah, Kota Solo merayakan hari jadinya, tepatnya pada 17 Februari. Tahun ini, Kota Solo bakal merayakan HUT ke-274. Ada tiga event yang akan digelar untuk memeriahkan ulang tahun Solo, yakni Pentas Wayang Kulit, Semarak Jenang Sala dan Opera Adeging Kutha Sala.

Solo sebagai kota yang punya beragam etnis dan agama juga bakalan menghelat perayaan Tahun Baru Imlek. Kawasan Pasar Gede sebagai daerah Pecinan akan dihiasi ribuan lampion. Event ini menjadi daya tarik setiap tahunnya. Banyak warga datang untuk berfoto dengan warna-warni lampion atau sekadar menikmati suasana malam.

Selain yang ditulis di atas, masih banyak acara yang bakal diselenggarakan di Kota Solo. Berikut adalah kalender event Kota Solo bulan Februari 2019.

1. Solo Great Sale 

1-28 Februari

Pusat perbelanjaan, pasar tradisional, hotel, restoran, dll.

Selama Februari, Kota Solo selalu penuh diskon dan promo. Mulai dari menginap di hotel, beli baju di mal, makan di kafe/restoran, bahkan belanja di pasar tradisional pun bisa memporeleh diskon/promo dan berkesempatan memenangkan grand prize satu unit rumah.  Syaratnya: cukup melakukan transaksi minimal 50 ribu. Setiap pembelanjaan di angka itu akan mendapat 1 poin. Poin-poin itu bakalan diundi di hari penutupan Solo Great Sale.

Solo Great Sale digelar sebagai solusi atas masa low season.

 

2. Imlek Festival 

1-28 Februari

Kawasan Pasar Gede

Sepertinya yang paling ditunggu warga Solo saat Februari adalah foto-foto berlatar lampion. Yap, memeriahkan Tahun Baru Imlek, kawasan Pasar Gede akan dihiasi ribuan lampion. Enggak hanya lampion bulat, ada juga lampion shio dan lampion Punakawan.

Semua keindahan itu bisa dinikmati saat malam hari, mulai jam 18.00-00.00 WIB.

 

3. Pentas Wayang Kulit

Sabtu, 16 Februari

Pendhapi Gede Balai Kota Solo

Jam 20.00

Memeriahkan HUT ke-274 Kota Solo, bakalan ada pentas wayang kulit dengan lakon “Puntadewa Jumeneng Nata”. Pertunjukan wayang ini akan ditampilkan oleh Ki Blacius Subono.

Ceritanya tentang pelantikan Puntadewa sebagai raja Amarta. Beberapa waktu sebelum itu, Puntadewa sempat diculik oleh Prabu Wisapati yang merupakan penjelmaan Batara Wiswakarma.

 

4. Bengawan Solo Travel Mart 

17-19 Februari

Ndalem Gondosuli Laweyan

Agenda tahunan ini akan mengundang para buyer, seperti agen perjalanan, korporasi, dan pemerintahan untuk berwisata di Solo. Mereka bakalan diajak mengunjungi tempat-tempat wisata di Solo dan Solo Raya.

Dari acara ini diharapkan buyers bisa mempromosikan dan memasarkan wisata Solo ke konsumen dan kota-kota asalnya.

 

5. Semarak Jenang Sala

Minggu, 17 Februari

Plaza Sriwedari

Jam 09.00

Mau makan jenang gratis? Sepertinya kamu bisa datang ke event ini. Di acara bertema “Pesona Jenang Majemukan” ini, kamu bisa menikmati aneka jenang yang disajikan gratis. Selain jenang-jenang tradisional yang mungkin sudah jarang ditemukan, ada juga jenang-jenang variasi baru.

 

6. Opera Adeging Kutha Sala

Minggu, 17 Februari

Balai Kota Solo

Jam 18.30

“Sala Gumregah” itulah tema pementasan kolosal kali ini. Di setiap perayaan HUT Kota Solo, selalu ada pertunjukan drama-tari-musikal yang mengisahkan berdirinya Kota Solo. Opera Adeging Kutha Sala bakal dimainkan oleh lebih dari 100 penari.

 

7. Sendratari Ramayana “Rama Tundung”

Jumat, 22 Februari

Open Stage Taman Balekambang

Jam 19.30

Setiap bulan, Kota Solo menggelar pertunjukan drama tari di panggung terbuka Taman Balekambang. Kali ini, lakon “Rama Tundung” bakal dibawakan oleh kelompok seni Hasta Mataya Kepatihan.

“Rama Tundung” menceritakan pengusiran Ramawijaya dari Kerajaan Ayodya oleh ayahnya, Prabu Dasarata. Akhirnya Rama mengasingkan diri di Hutan Dandaka bersama Sinta (istrinya) dan Laksmana (adik tirinya).

Rama sebenarnya akan diangkat menjadi raja Ayodya. Namun, istri ketiga Prabu Dasarata, Dewi Kekayi, ingin Prabu Dasarata mengabulkan dua permintaannya yang dulu sempat dijanjikan sang prabu. Pertama adalah mengangkat Barata (anak Prabu Dasarata dan Dewi Kekayi) sebagai raja Ayodya dan mengusir Rama.

Sendratari Ramayana ini bisa disaksikan secara gratis.



Nah, itu tadi kalender event Kota Solo bulan Februari 2019. Kira-kira kamu mau nonton yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here