Januari 2018, Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo Punya 5 Agenda

0
123

BALAI-SOEDJATMOKO-001


Soloevent.id – Ada lima agenda yang bakal diadakan Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo selama Januari 2018. Mulai dari pentas karawitan, pameran seni rupa, bedah novel, dan lainnya.


Berikut adalah jadwalnya.


1. Klenengan Selasa Legen (Selasa, 15 Januari jam 19.30 WIB)

Event rutin Bentara Budaya Balai Soedjatmoko ini akan menampilkan kelompok karawitan Kencana Laras dari SMP 4 Pracimantoro, Wonogiri.


Meski baru berumur dua tahun – grup ini berdiri pada Mei 2015, tetapi sudah banyak prestasi yang didapat, antara lain menjadi Juara 1 Festival Karawitan Umum 2016, peringat 1 Festival Karawitan Pelajar 2017, meraih posisi pertama dalam Lomba Karawitan Umum se-Kecamatan Pracimantoro.


 

2. The 4th Solo Exhibition of Sigit Santosa “High Dreams of a Teacher (18-23 Januari, jam 09.00-21.00 WIB)

Sigit Santosa adalah seniman yang lahir di Solo. Hingga saat ini dia masih mengajar di dua perguruan tinggi di Jakarta. Laki-laki berusia 67 tahun itu memberkan materi tentang lukisan sketsa dan ilustrasi.


Kegemarannya yaitu membuat sketsa wajah menggunakan teknik lukis cina. Salah satu wajah yang pernah ia guratkan dalam kanvas adalah Veronica Tan, istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


Di pameran ini, Sigit bakal memajang karya-karyanya. Pembukaan pameran berlangsung tanggal 17 Januari pukul 19.30 WIB.


 

3. Workshop Sketsa Wajah dengan Pensil (Sabtu, 20 Januari jam 14.00 WIB)

Selain pameran, Sigit Susanto juga mengadakan workshop tentang seni yang ia geluti itu. Peserta terbatas untuk 30 orang.


 

4. Keroncong Bale (Jumat, 19 Januari jam 19.30 WIB)

Edisi kali ini bakal menyuguhkan aksi dari Orkes Keroncong (OK) Swadesi yang berasal dari Desa Gedangan, Grogol, Sukoharjo. Grup dibentuk atas inisiatif H. Agus Tri untuk merangkul dan mengaktifkan potensi anak-anak muda di desanya.


Lambat laun nama O.K, Swadesi mulai dikenal seniman keroncong. Sewaktu mengadakan latihan setiap Senin, seringkali mereka didatangi seniman-seniman keroncong untuk sekedar menikmati atau ikut latihan.


 

5. Bincang Novel dan Pemutaran Film Pendek“Laut Bercerita” (Sabtu, 27 Januari jam 19.00 WIB)

Laut Bercerita adalah karya terbaru dari Leila S. Chudori. Novel ini menceritakan soal keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasa ada kekosongan dalam dada, sekelompok orang yang suka menyiksa dan berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan makam anaknya, dan tentang cinta yang tak akan luntur.


Novel ini diluncurkan bersama film pendek berdurasi 30 menit yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara. Laut Bercerita – The Sea Speaks His Name adalah judulnya. Aktor/aktris top Indonesia membintangi film ini, sebut saja Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, dan masih ada yang lain. Pritagita memutuskan menggarap Laut Bercerita karena ia tertarik dengan kisah di dalam novel.


Leila S. Chudori bakalan membedah novel ini ditemani dengan Mohamad Fauzi dan akan dimoderatori Indah Darmastuti.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here