Jadwal Lengkap Grebeg Sudiro 2018

0
7

GREBEG-SUDIRO-001


Soloevent.id – Salah satu agenda yang meramaikan Tahun Baru Imlek di Kota Solo, Grebeg Sudiro, bakal diselenggarakan lagi tahun ini. Ada empat kegiatan yang digelar dari 5-15 Februari 2018 di sekitar Kelurahan Sudiroprajan.


Di edisi kesebelas ini, apa saja rangkaian acara Grebeg Sudiro? Simak sampai tuntas, ya.


 

  1. Bazar potensi Kelurahan Sudiroprajan dan wisata air Kali Pepe (5-15 Februari)

GREBEG-SUDIRO-002 


Saat Tahun Baru Imlek, suasana sekitar Kali Pepe tampak meriah. Terutama pas malam hari. Di sana ada wisata perahu hias yang menyusuri Kali Pepe. Sensasi melintasi Kali Pepe bakalan bertambah asyik karena sepanjang Kali Pepe dipasangi lampion.


Beroperasi dari jam 17.00-22.00 WIB, tiket wisata air Kali Pepe dibanderol Rp10 ribu. Murah, kan?


Jika merasa haus atau lapar, di sekitar dermaga wisata air Kali Pepe (berada di belakang Bank BRI Jl. Jenderal Sudirman) terdapat stan-stan kuliner. Ada juga stan-stan yang menjajakan kerajinan bikinan warga Kelurahan Sudiroprajan.


 

  1. Umbul Mantram (8 Februari)

GREBEG-SUDIRO-003


Kegiatan ini adalah prosesi untuk memohon kelancaran Grebeg Sudiro sekaligus kedamaian dan kesejahteraan bagi warga Kelurahan Sudiroprajan khususnya dan Kota Solo umumnya.


Biasanya acara ini didahului dengan kirab pusaka dan hasil bumi. Setelah didoakan, gunungan hasil bumi direbutkan warga. Prosesi umbul mantram tahun ini akan ditutup dengan pertunjukan wayang beber dan cokekan.


  

  1. Karnaval Budaya (11 Februari)

 

GREBEG-SUDIRO-004


Ciri khas kirab ini adalah diaraknya jodang-jodang berisi kue keranjang. Penganan khas Tahun Baru Imlek itu merupakan salah satu potensi kuliner yang ada di Kelurahan Sudiroprajan. Selain itu, ada juga jajanan pasar seperti gembukan dan janggelut. Tak hanya menampilkan potensi kuliner, kirab ini juga menyuguhkan atraksi kesenian.


 Karnaval Budaya Grebeg Sudiro 2018 rencananya diikuti 1.500 peserta dari warga Kelurahan Sudiroprajan, kelurahan-kelurahan lain di Kota Solo, dan peserta tamu dari kabupaten di sekitar Solo.


Bagi yang suka fotografi, event ini sangat menarik untuk didokumentasikan karena acara ini menggambarkan kerukunan masyarakat dari berbagai suku, ras, dan agama.


 

  1. Penutupan Grebeg Sudiro 2018 (15 Februari)

GREBEG-SUDIRO-005


Diadakan di kawasan Pasar Gede saat malam menjelang Tahun Baru Imlek, acara ini menampilkan pementasan seni. Sebagai acara puncak, panitia kabarnya menyiapkan pertunjukan video mapping yang bakal menghiasi Pasar Gede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here