INILAH 6 EVENT BENTARA BUDAYA BALAI SOEDJATMOKO SOLO DI BULAN JUNI

Soloevent.id- Beragam agenda-agenda seni bakal ditampilkan di Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo pada Juni 2017 ini. Salah satu ruang seni di Kota Solo ini akan jadi ruang pamer/pentas seniman-seniman lintas bidang.

Apa saja kalender event Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo di bulan keenam? Baca sampai tuntas ya tulisan ini.

  1. Suarna (2&3 Juni, jam 20.00 WIB)

Pentas musik dan tari ini bakalan membuka agenda Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo. Disutradarai oleh Ellen Jordan, “Suarna” membahas tentang dampak dari berkembangnya teknologi informasi. Karya ini mengombinasikan komposisi ansambel gadhon Jawa dengan komposisi musik elektronik serta lagu rakyat Eropa. Pementasan ini juga dipermanis dengan tampilan digital visual.

  1. Open Look (8-13 Juni, pembukaan pameran 20.00 WIB)

Pameran seni grafis mahasiwa dan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ini diikuti sekitar 25 peserta. Pameran ini akan menampilkan karya seni grafis yang digarap dengan teknik konvensional.

 

  1. Bedah Novel Vegetarian (15 Juni, jam 20.00 WIB)

Novel karya Han Kang ini bakal dibedah oleh Buletin Sastra Pawon. Thea Arnaiz Le dan Liswindo Apendicaesar ditunjuk sebagai pemantik diskusi.

Vegetarian adalah novel yang sedang dibaca di Indonesia beberapa waktu terakhir ini. Novel yang mendapat penghargaan “Man Booker International Prize 2016” ini bercerita soal Kim Yeong Ye yang menjadi vegetarian karena sering mengalami mimpi buruk berkepanjangan.

 

  1. Keroncong Bale (16 Juni, jam 20.00 WIB)

Kepingin nglaras sambil ditemani musik keroncong? Datang saja ke Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo karena bakalan ada grup keroncong yang tampil.

 

  1. Reel Series 2: Indonesia & Vietnam (17 Juni, jam 20.00 WIB)

Karya-karya dari 13 fotografer asal Indonesia dan 12 fotografer dari Vietnam akan dipertontonkan di pameran ini. Karya photo stories tersebut  bakalan diputar melalui LCD proyektor secara bersamaan di dua negara berbeda: Indonesia dan Vietnam.

 

  1. Klenengan Selasa Legen (19 Juni, jam 20.00 WIB)

Para pelestari gamelan bakal berpentas di acara ini. Ada dua kelompok dari dua daerah di Kota Solo yang bakalan unjuk gigi, yakni Karawitan Puspa Laras (Kampung Sewu) dan Karawitan Kamutala (Kentingan).

Karawitan Puspa Laras berisi warga kampung. Sedangkan Karawitan Kamutala merupakan komunitas yang beranggotakan mahasiswa penggemar karawitan.

Terkait

REGENERASI WAYANG BUDDHA Selama malang-melintang di jagad seni pertunjukan, Wayang Buddha tak pernah mati. Mengalami perjalanan dan lika-liku panjang, Wayang Buddha sebena...
SoJAZZ PREPARE BUAT JAZZIN’ LEBARAN Idul Fitri atau kerap disebut masyarakat Indonesia sebagai Lebaran tinggal menghitung hari. Gemanya membuat banyak pihak mempersiapkan bermacam ag...
PERKENALKAN TEKNIK WOODCUT A LA FADHLIL Sesuatu yang berawal dari coba-coba, kemudian menjadi suatu kegemaran yang ditekuni, dapat berbuah manis bagi kita. M. Fadhlil Abdi contohnya. Wal...
KETERTEKANAN YANG DIVISUALKAN-REPRESS Ada 33 karya yang dipajang di dinding-dinding Balai Soedjatmoko malam itu. Jika dilihat sekilas, ada dua kata yang bisa mengidentikkan  karya-kary...
BALADA BALADA PENUH PELURU Siapa bilang musik balada lagu-lagunya hanya bernuansa romansa? Bagi musisi seperti Guntur T. Cunong dan Benang Merah, mereka tahu bahwa kata adal...