Beranda Event Lainnya Ini Nih Beda 3 On 3 Dengan Basket Biasa

Ini Nih Beda 3 On 3 Dengan Basket Biasa

0
716

3-ON-3-BASKET

 

Soloevent.id – Kamu mungkin sudah sering mendengar model permainan 3 on 3 dalam olahraga basket, tapi sebenernya apa sih itu? Yang jelas, sesuai namanya, hanya tiga orang yang bermain di lapangan. Terus selain itu, apa lagi sih yang membedakan dengan permainan basket biasa? Yuk simak!

 

Luas lapangan

Kalau pertandingan bola basket biasa selalu menggunakan satu lapangan penuh agar para pemain bisa bergerak leluasa dalam memperebutkan bola. Namun, tidak dengan 3 on 3. Area lapangan yang dipakai cukup setengah dari lapangan bola basket normal dengan satu ring saja.

 

Waktu pertandingan

Waktu pertandingan 3 on 3 lebih pendek dari basket biasa. Kalau biasanya 4×10 menit, 3 on 3 hanya terbagi menjadi tiga babak yang berlangsung masing-masing 10 menit. Babak terakhir ditentukan saat bola mati atau saat melakukan free throw.

 

Cara mengawali permainan

Permainan tidak diawali dengan jumpball. Sebelum permainan dimulai dilakukan adu koin yang sudah ditentukan terlebih dahulu setiap sisi koinnya mewakili tim yang mana. Tim yang menang berhak memilih apakah akan menyerang duluan atau bertahan lebih dulu.

 

Tidak boleh melakukan dunk

Jangan mengharapkan ada atraksi dunk di 3 on 3. Enggak seperti pertandingan basket biasa yang memperbolehkan pemainnya untuk melakukan dunk, pemain dilarang untuk melakukannya dalam 3 on 3. Sekedar info, dunk adalah cara mencetak angka yang dilakukan dengan meloncat sambil memasukkan bola langsung ke dalam ring.

 

Ketentuan pemenang

Berbeda dengan pertandingan bola basket biasa, pemenang ditentukan oleh jumlah shoot terbanyak. Kalau di 3 on 3, tim yang berhasil mencetak 33 poin terlebih dulu sebelum waktunya habis dinyatakan menang.

 

Nah sekarang kamu jadi tahu kan bedanya 3 on 3 dengan pertandingan bola basket biasa? Ternyata enggak jauh beda ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here