Ini Dia Konsep Acara Puncak Solo Batik Carnaval 2018

0
89

Soloevent.id – Sudah menunggu Solo Batik Carnival (SBC) 2018? Tenang, event-nya bakal diselenggarakan beberapa hari lagi, kok. Tahun ini ada dua rangkaian acara yang digelar, yaitu Exhibition dan Grand Carnaval.

Exhibition bertempat di Benteng Vastenburg dan dilaksanakan selama lima hari, Rabu-Minggu (11-15/7/2018). Kegiatan ini dimeriahkan dengan stan kuliner, fashion, dan UMKM. Di situ juga bakalan ada penganugerahan bagi peserta-peserta terbaik.

Puncak Solo Batik Carnival 2018 dilangsungkan pada Sabtu (14/7/2018). Seperti edisi-edisi sebelumnya, peserta akan berpawai sejauh lebih kurang 3 kilometer dari Stadion Sriwedari hingga Benteng Vastenburg. Menurut Ketua Yayasan Solo Batik Carnival, Lia Imelda, ada 158 peserta SBC yang mengikuti kirab.

“Selain peserta SBC, karnaval juga dimeriahkan marching band Akademi Pelayaran Nasional, Pasukan Pengibar Bendara, dan siswa Gilang Ramadhan Studio Band,” jelasnya dalam jumpa pers di Balai Kota Solo, Selasa (10/7/2018).

Ada juga peserta tamu dari luar kota, antara lain Samarinda, Lombok Timur, Semarang, dan Salatiga. “Mahasiswa asing yang sedang kuliah di Universitas Sebelas Maret juga akan meramaikan karnaval,” tambah Lia.

Sebelum terjun ke jalan, Grand Carnival bakal dibuka di dalam Stadion Sriwedari pada jam 13.00 WIB. Art Director Solo Batik Carnival 2018, Ragowo Ade Kurniawan, menerangkan, tiap defile SBC bakalan mengiringi penampilan penari-penari profesional. “Mereka akan membawakan tari-tarian khas dari daerah-daerah yang diangkat dalam kostum SBC tahun ini,” katanya.



Sedikit info, SBC 2018 mengangkat tema “Ika Paramartha” yang menggambarkan keanekaragaman budaya di Indonesia. Delapan daerah yang menjadi inspirasi kostum SBC 2018 yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Papua, dan DKI Jakarta.

Tak hanya tari-tarian, Grand Carnival SBC 2018 juga bakalan disemarakkan oleh Trie Utami. Saat tampil, mantan juri ajang pencarian bakat yang kerap melontarkan istilah “pitch control” ini akan ditemani oleh best performers SBC 2018 dari masing-masing defile.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here