IAIN SURAKARTA DATANGKAN DOSEN LUAR NEGRI

IAIN SURAKARTA DATANGKAN DOSEN LUAR NEGRI

 

Soloevent.id – Terhitung tiga hari berturut-turut (20-22/7/2016), Jurusan Sastra Inggris IAIN Surakarta disibukkan oleh kegiatan yang dapat mengasah soft skill para mahasiswa. Bertempatkan di Graha IAIN Surakarta, telah terhelat kompetisi visual novel, kuliah tamu, lauching game YUE dan debat antara mahasiswa semester 4 Jurusan Sastra Inggris.

Sekretaris Jurusan Sastra Inggris IAIN Surakarta, Luthfie Arguby Purnomo, menuturkan ini adalah kali pertama diadakan acara untuk mengasah soft skill Mahasiswa Sastra Inggris yang dikemas dalam sebuah kompetisi. Menurutnya, hal ini dapat membuat para mahasiswa dapat memaknai sebuah ilmu yang mereka miliki untuk lebih dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Mulai tahun ini diadakan acara bagaimana mahasiswa berani untuk berkompetisi. Jurusan Sastra Inggris punya ide baru yaitu kuliah berbasis skill dengan konsep ujian akhir berupa kompetisi. Jadi untuk mahasiswa semester 2 sistem ujian speaking dengan sparing dan membuat visual novel. Sementara mahasiswa semester 4 ada debat yang mana pemenangnya akan dikirim untuk mengikuti lomba debat nasional,” tuturmya saat ditemui Soloevent, Jumat (22/7/2016).

Adapun kuliah umum berupa seminar yang mengangkat tema Women in Power in the Perspective of Abrahamic Religion. Seminar yang mengangkat tentang bagaimana derajat wanita menurut agama Yahudi, Kristen dan Islam ini diisi oleh Dosen dari Appalachian University, Maria Lichtman Lichtman dan Dosen dari IAIN Surakarta, Nur Asiyah.

Salah satu Alumnus IAIN Surakarta, Inayati Rohmatika, mengatakan dalam seminar yang ia hadiri kali ini memang terasa berbeda karena pertama kalinya IAIN Surakarta mendatangkan dosen yang berasal dari luar negeri. Ia pun berharap agenda ini menjadi agenda rutin tahunan yang bisa bermanfaat bagi para pecinta sastra.

“Seminar dengan tema sastra jarang banget kan ada di kampus. Menarik banget itu diluar kelas dan gak akan ada di perkuliahan. Temanya juga wanita yang jarang diangkat apalagi full bahasa inggris. Ini juga mungkin akan bermafaat di studi saya selanjutnya karena dulu skripsi S1 juga tentang wanita,”ulasnya.