Harta Karun Musik Indonesia Ada di Lokananta

0
32

Soloevent.id – Kamu pengoleksi dan penyuka lagu lawas, serta kepingin tahu tentang sejarah musik Indonesia? Enggak ada salahnya kalau kamu mampir ke Lokananta. Salah satu perusahaan rekaman legendaris di Indonesia itu terletak di Jalan Ahmad Yani 387, Solo.

Meski mengalami pasang-surut, Lokananta masih eksis sampai sekarang. Ada banyak koleksi langka seputar musik yang disimpan di sana.

Mari flashback ke belakang. Didirikan 29 Oktober 1956 di Solo, Lokananta menjadi perusahaan rekaman musik pertama milik negara. Lokananta didirikan oleh Oetojo Soemowidjojo dan Raden Ngabehi Soegoto Soerjodipoero. Saat itu, Lokananta memproduksi duplikasi piringan hitam hingga kaset audio.

Lokananta hingga kini masih menyimpan koleksi ribuan lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia.

Enggak cuma itu, ada juga lagu pop dan keroncong, bahkan rekaman asli pidato Presiden Soekarno masih tersimpan rapi.

Master lagu dari penyanyi legendaris seperti Gesang, Waldjinah, Titiek Puspa, Bing Slamet, Orkes Aneka Warna, Orkes Kerontjong Tjendrawasih, Zaenal Combo, Sam Saimun, dan lain-lain juga bisa kamu temukan di Lokananta.

Selain album fisik, kamu juga bisa melihat mesin-mesin klasik, contohnya mesin quality control (1980), pattern generator, mesin pemotong pita (1980), VHS video recorder (1990), pemutar piringan hitam (1970), power amplifier (1960) dan banyak lagi.

Lokananta juga menyimpan speaker langka bermerk JBL. Speaker buatan perusahaan audio milik James Bullough Lancing tersebut merupakan speaker langka satu-satunya didunia.  Bahkan, Lokananta juga punya mixer langka yang katanya hanya ada beberapa di dunia. Salah satunya berada di studio BBC London, Inggris.

Satu hal lain yang terkenal dari Lokananta adalah studio rekamannya. Di tempat itulah dua maestro keroncong, Gesang dan Waldjinah, pernah melakukan proses rekaman. Di masa yang lebih baru, Studio Lokananta juga dipakai oleh Glenn Fredly, Shaggy Dog, Senyawa, White Shoes and the Couples Company dan musisi-musisi lainnya untuk membikin karya.



Kalau kamu suka banget sama musik, sangat dianjurkan untuk mengunjungi Lokananta. Kamu bisa mampir di hari Senin-Jumat saat jam kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here