Gagahnya Mobil Tank Tempur Ikut Pawai Pembangunan Kota Solo

125

Soloevent.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelar pawai pembangunan dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia ke-77, Jumat (19/8/2022). Tema yang diambil tahun ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Pawai diikuti dari berbagai stakeholder mulai Lingkungan Pemkot Solo, Perbankan dan Komunitas.

Pawai dimulai dari Perempatan Gendengan Jalan Slamet Riyadi hingga Balai Kota Solo dengan rute sepanjang 3,5 km. Karnaval dimulai pukul 15.00 WIB dan diikuti 49 OPD di lingkungan Pemkot Solo, 9 perbankan dan stakeholder serta 12 komunitas. Para peserta mengenakan baju adat dan menaiki kendaraan hias.

Sore hari itu, para peserta tampak bersemangat mengikuti pawai. Pada urutan pertama tampak spanduk Pawai Pembangunan Kota Solo, pasukan Garuda Pancasila, Paskibra, marching band, enam unit armada.

 

Pada urutan selanjutnya ada Brigif Mekanis Raider 6 dengan dua unit Ranpur M113 A1 BE, Prajurit Pokdarwis, Sekretariat DPRD Kota Solo berkostum adat nusantara dan dua andong, Danrem, Dan Lanud, Dan Grup 2 Kopassus, Dan Brigif VI, Dan Denpom IV Diponegoro, Dan Yon Brimob.

Menariknya, terdapat Mobil Tank Tempur lengkap dengan senjata alutsistanya. Mobil Tank tersebut dari Korem 074/WRT jenisnya satu unit Ranpur Anoa, TNI AU Lanud Adi Soemarmo menampilkan 14 unit Alutsista (Randurlap, Ran Operasi Penerbangan, Ran Brigade Anjing- K9), kendaraan operasional berupa sepeda motor dan ambulance.

Sementara, rombongan Polresta Solo menampilkan 25 unit sepeda angin, dua unit moge lantas, satu unit sedan patwal, satu unit mobil Dokpol, satu unit Ranmor Inafis, satu unit Resmob Reskrim, dan satu unit Rantis Ranmor Backbone Sabhara.

Lalu, Batalion C Pelopor Satbrimob menampilkan empat unit Rantis, dua unit Rantis Rimueng, satu unit Rantis Wolf, dan satu unit Rantis Barracuda; Brigif Mekanis Raider 6 menampilkan dua unit Rantis PJD Hilux.

Peserta pawai yang terakhir dari satuan pemadam kebakaran Solo yang menampilkan atraksi air. Semprotan air ala pemadam kebakaran menghibur penonton pawai sore itu.