FILM TURAH WAKILI INDONESIA DI OSCAR 2017

0
31

FILM-TURAH-001


Soloevent.id – Walau sudah rilis sejak tahun 2016, film Turah masih terus mendapatkan apresiasi sampai akhir 2017. Terlebih film ini baru saja mendapat nominasi “Film Berbahasa Asing Terbaik”  di Academy Awards ke-90. Ajang bergengsi yang dikenal dengan nama Oscar itu bakal digelar di Dolby Theatre Hollywood, 4 Maret 2018 mendatang.


Bagi yang belum tahu, film Turah diangkat dari kehidupan sebuah kampung di Tegal yang bernama Tirang. Kampung tersebut dikelilingi air laut dan termasuk wilayah kategori miskin serta terpencil. Listrik menyala hanya pada malam hari serta tidak ada air bersih.


Turah menceritakan tentang warga Kampung Tirang yang sudah pesimis terhadap hidup. Ibaratnya kekalahan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga. Mereka tidak pernah tahu arti mimpi. Yang mereka tahu, mereka bisa hidup sehari-hari karena welas asih Darso, seorang juragan kaya. Diperparah dengan hadirnya Pakel, sarjana penjilat di lingkaran Darso, ia dengan pintar membuat warga kampung semakin bermental kerdil. Itu ia manfaatkan untuk mengeruk keuntungan.


Hidup mereka seakan didikte oleh Darso, tanpa pernah tahu bagaimana harus memberontak. Di tengah ketakutan itu, setitik optimisme muncul dari diri Turah dan Jadag. Mereka mendorong warga Tirang agar berani memperjuangkan kemenangan bersama.


Sebelum terpilih menjadi wakil di Oscar, film Turah juga telah ditayangkan dari festival satu ke festival lainnya. Film yang melibatkan para pemain lokal yang belum terkenal ini pun meraih sejumlah penghargaan. Antara lain “Geber Award” dan “Netpac Award” dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival, serta kategori “Asian Feature Film Special Mention” diraih dalam Singapore International Film Festival.


 

 Penulis: Yasinta Rahmawati

Foto: YouTube

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here