Festival Pelajar dan Pameran Seni Rupa, Ajang Pelestarian Budaya

172

Soloevent.id – Festival Seni Pelajar SMA dan SMK 2022 digelar di  Pendopo Ageng Gendon Humardani, Taman Budaya Jawa Tengah, (4-6/7/2022), mulai pukul 08.00-selesai. Festival ini mengusung tema Kecintaan Terhadap Budaya Bangsa, Menguatkan Harapan dan Menggugah Daya Cipta Anak Bangsa. Ada 16 peserta dari SMA/SMK non seni dari berbagai cabang Dinas Pendidikan.

Hari pertama, ada penampilan SMAN 1 Surakarta, SMAN 1 Purworejo, SMAN 3 Rembang, SMAN 2 Klaten, SMA YPI 1 Purbalingga. Hari kedua, ada penampilan dari SMKN 2 Temanggung, SMAN 1 Wonosobo, SMK Jateng Purbalingga, SMKN 2 Wonogiri, SMAN 1 Kartasura dan SMAN 3 Surakarta. Hari ketiga, ada penampilan SMAN 1 Boyolali, SMKN 1 Karanganyar, SMAN 1 Parakan, SMAN Klaten.

Fajar Arifin Pamong Budaya Jawa Tengah mengatakan, “Festival seni pelajar ini digelar untuk ajang pelestarian kesenian dan budaya. Para pelajar non seni dari berbagai sekolah di Jawa Tengah ini kami kurasi untuk bisa tampil di Taman Budaya Jawa Tengah. Masing-masing sekolah akan menampilkan kesenian karawitan, tarian dan seni rupa,” ujarnya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (5/7/2022).

Selain itu, ada pameran seni rupa di Galeri Seni Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT). Total ada 48 karya seni rupa yang di pamerkan. Berbagai karya tersebut berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah. Diantaranya, karya Bagus Triyono dari Parakan Temanggung yang menampilkan karya sihir abad modern, Sumiyati Herman dari Baki Sukoharjo menampilkan karya berjudul Semesta Bersujud, Lassyah Kandono dari Tasikmadu Karanganyar menampilkan Pasar Sami Seneng, dll.

Pameran seni rupa masih akan terus berlangsung hingga 9 Juli 2022. Mulai pukul 09.00-22.00 WIB.