Festival Blangkon Solo, Kenalkan Budaya Jawa ke Generasi Muda

124

Soloevent.id – Blangkon Festival 2022 resmi digelar selama tiga hari (9-11/9) di Rumah Dinas Wali Kota Loji Gandrung. Di Festival Blangkon 2022 terdapat beberapa rangkaian kegiatan diantaranya pameran, bazaar UMKM, talkshow, workshop UMKM, bedah budaya, atraksi budaya dan pertunjukan malam.

Pembukaan di hari pertama ada kegiatan tarian anak dari Sanggar Teras Srawung Bocah, Mini Workshop Boneka Jamu Gendong dan Bedah Budaya Blangkon & Tosan Aji. Dilanjutkan, hari kedua ada kegiatan Lomba Pasang Ikat untuk Perempuan, Talkshow UKM dan Gelar Budaya Malam Tarian Sufi, Musik Deling Laras Kusumo.

Hari terakhir juga enggak kalah menarik ada kegiatan Flashmob Blangkon, Bedah Budaya dan Talkshow. Dalam bedah budaya menghadirkan dalang Ki Mulyono Purwo W dan Dzajuli dari Paguyuban Blangkon. Dalam bedah budaya membahas tentang seluk beluk pewayangan (wayang kulit) serta peluang usaha Blangkon.

Salah satu panitia Pokdarwis Solo dan selaku penyelenggara acara, Candra mengatakan, “Blangkon Festival 2022 bertujuan untuk mengenalkan budaya Jawa kepada generasi muda. Melalui festival yang dikemas sedemikian rupa ini agar anak muda khususnya Solo tertarik dan bisa nguri-uri budaya,” ujarnya kepada soloevent, Minggu (11/9) di Halaman Loji Gandrung.

Ia menambahkan, “Kami dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta menginisiatif festival ini untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat terkait Blangkon khas Surakarta,” ujarnya.

Selain itu, ada pameran dari beberapa wilayah di Surakarta. Mereka menampilkan produk seperti Macrame dari Solo Preneur Community dan produk creative daur ulang dari paguyuban UMKM Solo.