Eksotisnya Gedung Djoeang ’45 yang Bergaya Eropa

128

Soloevent.id – Kota Solo ketambahan lagi satu tempat wisata yang bakal mempercantik feeds Instagram-mu . Gedung Djoeang ’45 namanya. Bangunan yang berdiri sejak 1880 ini dulunya sempat tak terawat, tapi kini disulap jadi gedung mempesona bergaya Eropa.

Patung-patung, bangku-bangku, keramik yang diselingi rumput sintetis, dan instalasi lampu menampilkan kesan eksotis dari tempat tersebut.

Soft opening dilakukan pada 20 September 2019 lalu. Dilansir dari kompas.com, Direktur PT Andalan Solo Baru (perusahaan pengelola Gedung Djoeang ’45) Henry Poerwantoro mengatakan ornamen-ornamen tersebut ditambahkan untuk menarik anak-anak milenial.

Henry menerangkan karena bangunan ini merupakan cagar budaya, proses peremajaan tidak dilakukan sembarangan dan tidak ada tambahan bangunan. Ke depannya Gedung Djoeang ini bakal difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) dan ruang kerja bersama (coworking space).

Setiap hari, selalu ada pengunjung yang datang buat foto-foto. Soloevent menemui Citra, mahasiswi berusia 20 tahun ini mengaku sudah dua kali menyambangi Gedung Djoeang ’45. “Tempatnya unik, seperti Lawang Sewu di Semarang,” tuturnya. Dia berharap agar banyak festival yang diadakan biar lebih meriah. “Live music-nya juga lebih diseringin, enggak hanya weekend saja,  supaya suananya tidak terlalu sunyi,” katanya.

Kemudian ada Retno. Karyawati asal Klaten ini baru sekali datang di tempat ini. Selain mengabadikan momen dengan berfoto, Retno juga suka dengan kedai Halauan Kopi yang ada di tempat itu. Dia berpendapat bahwa tempat ini cocok untuk keluarga.



Tertarik ke sana? Lokasinya gampang banget dicari, lo. Gedung ini berada di Jalan Mayor Sunaryo sebelah timur Beteng Trade Center atau sebelum perempatan Loji Wetan.

Gedung Djoeang 45 buka setiap hari. Namun, pada Senin-Rabu, pengunjung hanya bisa berfoto di bagian depannya saja. Area outdoor belakang yang punya pemandangan cantik, baru dibuka di hari Kamis-Minggu, mulai jam 17.00-22.00.