DISKUSI BERSAMA 5 SUTRADARA DI SINEMA AKHIR TAHUN

DISKUSI BERSAMA 5 SUTRADARA SINEAS NEGERI DI SINEMA AKHIR TAHUN

Akhir pekan besok bingung mau ke mana? Daripada gabut, mending main deh ke Gedung F Kampus 1 ISI Solo. Himpunan Mahasiswa Televisi dan Film (HIMAFISI) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo bakal ngadain pemutaran dan diskusi film yang dikemas dengan nama Sinema Akhir Tahun.

Sabtu (26/12/2015) mendatang, ada lima film yang diputar. Bukan film Hollywood lho, melainkan karya-karya dari sineas dalam negeri. Walaupun berada di jalur non mainstream, tapi sukses meraih prestasi dari festival-festival film di Indonesia maupun internasional.

Sinema Akhir Tahun dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama digelar mulai jam 15.00 WIB, dan bakalan diisi sama Salam dari Anak-anak Tergenang (dokumenter), Ilusi (fiksi), serta Ambyar (drama komedi). Sesi ini tidak dipungut tiket masuk alias gratis.

Film bergenre surealis, Kunjungan Spesial; dan drama berbahasa Jawa, Siti, bakal dimainkan pada sesi kedua. Sesi ini akan digelar pukul 18.30 WIB. Jika pengen nonton keduanya, kamu harus nyerahin mahar sebesar Rp 20.000,00.

Ketua HIMAFISI, Dimas DW, menjelaskan kelima film itu dipilih karena karya-karya tersebut tergolong baik dalam segi distribusi maupun pendanaan. Beragamnya prestasi yang diperoleh, juga jadi alasan di-screening-nya film-film itu di Sinema Akhir Tahun. “Film-film tersebut kami pandang layak tonton di 2015 ini,” tuturnya saat dijumpai Soloevent di sekretariat HIMAFISI, Rabu (23/12/2015).

Beragamnya genre yang dipilih, menurut Dimas, supaya penonton – yang berminat dengan perfilman – mempunyai banyak referensi. “Supaya lebih banyak aja cara bertutur melalui film,” imbuhnya.

Sehabis nonton bareng, film-film tersebut bakalan didiskusikan. Supaya suasana diskusi lebih menarik, kelima sutradara film akan diajak gabung. “Kami pengen membudayakan diskusi setelah nonton film,” terangnya.

Sinema Akhir Tahun merupakan program kerja dari HIMAFISI. Ini merupakan event perdana yang menghadirkan film eksternal di luar lingkup ISI. Sebelumnya, mereka selalu ngadain apresiasi film yang diproduksi sama internal kampus.

Terkait

FILM NON MAINSTREAM BERKUALITAS AKAN DIPUTAR DI SINEMA AKHIR... Di penghujung tahun ini, Himpunan Mahasiswa Televisi dan Film (HIMAFISI) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, bakal memutar lima film lokal di acar...
SECUIL KISAH FILM “SITI” DI SINEMA AKHIR TAHUN “Kowe percaya surga ra, mas? ” tanya Siti kepada suaminya, Bagus. “Aku ra percaya surga, sing tak percayani gur laut. ” jawab Bagus. Siti dan ...