Delapan Etnis Pentaskan Budaya Daerah di Solo

819

Soloevent.id – Forum Persaudaraan Antar Etnis Nusantara (Perantara) menggelar acara Gelar Seni dan Budaya Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 di Gedung Bale Tawangarum Balai Kota Surakarta, Jumat (12/7/2019) malam. Acara yang mengambil tema “Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Pancasila” tersebut terselenggara berkat kerja sama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah dengan Persaudaraan Antar Etnis (Perantara) Jateng.

Acara hanya digelar sehari dengan menampilkan delapan etnis dari berbagai provinsi, seperti Jambi, Lampung, Palembang, Sumba, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Riau, dan Kalimantan Barat.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” kemudian dilanjutkan penampil pertama dari IKPMJ (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Jambi). Etnis dari Jambi menampilkan tarian Sekapur Sirih. Tarian tradisional dari daerah Jambi itu menggambarkan sikap keterbukaan masyarakat Jambi dalam menyambut tamu. Melalui tarian ini dapat dilihat bahwa ada perasaan bahagia dan rasa syukur dalam setiap penyambutan yang ada.

Penampil selanjutnya dari IKAMALA (Ikatan Keluarga Mahasiswa Lampung). Etnis tersebut menampilkan tari Sembah Siger Pengunten yang diiringi musik khas Lampung. Tari kreasi baru dari Lampung ini biasa dibawakan untuk menyambut tamu penting.



Ketua Panitia Gelar Seni dan Budaya Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 Adzani Iqbal Al Rasyid mengatakan event ini digelar untuk melestarikan budaya di berbagai daerah. “Kami menggabungkan delapan kekhasan etnis, mulai dari tarian, musik etnis, pakaian adat di pagelaran kali ini. Acara hanya kami gelar sehari dan menampilkan berbagai seni budaya daerah,” ujarnya saat ditemui Soloevent.

 

(Foto: panitia Gelar Seni dan Budaya Daerah)