Dalang Cilik dari Berbagai Provinsi Beraksi di Solo

175

Soloevent.id – Berbarengan dengan Hari Wayang Dunia, Pemerintah Kota Surakarta lewat Dinas Kebudayaan Surakarta bersama Solo International Performing Arts (SIPA) Community menggelar Festival Dalang Cilik Nasional 2019, yang diadakan Selasa-Rabu (5-6/11/2019) di Pendhapi Balai Kota Surakarta.

Festival Dalang Cilik Nasional 2019 diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Peserta dibagi menjadi dua grup berdasarkan umur, yaitu grup A (8-11 tahun) dan grup B (12-15 tahun).

Ditemui Soloevent, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Kinkin Sultanul Hakim menjelaskan tahun ini Festival Dalang Cilik diadakan dua kali, yaitu Festival Dalang Cilik Surakarta yang sudah rutin diadakan dan Festival Dalang Cilik Nasional yang baru pertama kali ini digelar. Kinkin ingin kegiatan ini tidak hanya berkutat di area Surakarta saja, tapi bisa sampai level nasional. “Ini kebudayaan lokal yang akan kita angkat menjadi kebudayaan nasional,” jelas Kinkin.

Setiap peserta wajib memainkan wayang purwa gaya Surakarta. Salah satu kisahnya, Mahabarata, penuh dengan nilai-nilai kehidupan, sehingga bisa menjadi media pembelajaran bagi para peserta. “Wayang purwa itu, kan, cerita tentang Mahabarata yang berfokus pada kebaikan atau pitutur luhur, jadi ada unsur pengembangan karakter. Kalau kita bebaskan temanya, nanti ceritanya jadi terlalu beragam dan hanya memiliki nilai hiburan saja,” tambah Kinkin.



Semua peserta ini merupakan hasil seleksi dari beberapa pendaftar yang mendaftar lewat situs internet. Kinkin juga berharap bahwa lewat acara ini banyak kaum milenial yang mulai memberikan apresiasi kepada kebudayaan lokal, khususnya wayang.