Bikin Tertawa, Ganjar Pranowo Jadi Bintang Tamu di Ketoprak Balekambang

198

Soloevent  – Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ternyata mempunyai jiwa seni tinggi terutama dalam urusan seni peran atau akting. Pada hari Selasa 21 Desember 2021 lalu dia jadi pemain ketoprak atau bintang tamu di Taman Balekambang, Mahanan, Solo.

Selain itu ada Reisa Broto Asmoro, juru bicara Gugus Tugas Nasional Covid-19 dan GPH Dipo Kusumo dari Keraton Kasunanan. Kemudian masih ada mantan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang ikut naik pentas secara spontan. Mereka berempat bergabung bersama para seniman ketoprak dari kawasan Solo Raya.

Setiap bintang tamu mampu menghadirkan suasana meriah di atas panggung, bahkan berhasil memancing para penonton untuk tertawa terbahak-bahak. Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang hadir di gelaran budaya ini juga tergelak menyaksikan akting mereka.

Meski hanya tampil dalam satu adegan saja, penampilan Reisa Broto Asmoro berhasil mengena di hati penonton. Dalam atraksi ini Reisa menyempatkan diri menyampaikan pesan-pesan penerapan protokol kesehatan secara unik, melalui parikan atau pantun Jawa.

Taman Mancawarna

Pentas tersebut mengusung satu cerita berjudul Taman Sari Mancawarna. Dikisahkan, Adipati Pranowojati (diperankan oleh Ganjar Pranowo) mengajak warganya untuk menghijaukan kembali Taman Sari Mancawarna. Meski hampir semua warga setuju dengan rencana ini, tapi yang menolak dan salah satunya adalah Sura Lewung.

Perbedaan pendapat ini memunculkan berbagai macam konflik. Dari konflik-konflik inilah kemudian tercipta banyak sekali kelucuan adegan dan dialog. Nama Gibran ikut terseret karena dimintai Sura Lewung untuk mendatangkan Satpol PP.

Suasana di atas panggung makin terasa semarak dengan ancaman Adipati Pranowojati yang ingin membubarkan pentas ketoprak bila konflik tidak bisa terselesaikan. Selain itu ada adegan yang membuat penonton makin terpingkal, yaitu ketika adipati tersebut memberikan sandal pada FX Rudy untuk ‘merampungkan’ Sura Lewung.

Sampai pentas berakhir, tak ada satupun penonton yang meninggalkan tempat duduk. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat sangat menikmati tontonan hiburan tersebut. Chanel youtube Gibran Rakabuming TV, Bhakti Budaya Kagama dan Pariwisata Solo yang menyiarkan acara ini secara live juga disaksikan oleh ribuan penonton.

Ulang tahun Kagama

Pentas Ketoprak Taman Sari Mancawarna merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bakti Budaya dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Surakarta. Tontonan tradisional tersebut digelar dalam rangka memperingati hari jadi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ke-72 dengan tajuk Kagama Ngethoprak.

Pada akhir acara, ada prosesi potong tumpeng yang dilakukan oleh Rektor UGM yang kemudian diberikan pada Gibran Rakakabuming Raka. Setelah itu dilanjutkan dengan penganugerahan Lifetime Achivement Award oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia kepada Bapak Muhammad Sahid Joleno.

Sejak berusia belia, Muhammad Sahid Joleno sudah menekuni dunia seni tradisional khususnya ketoprak. Meski telah memasuki usia senja, pemain yang dulu sering hadir sebagai tokoh yang suka melawak ini tetap aktif di panggung hiburan tersebut.