Bertukar Kabar di Hari Raya Teater

0
129

Soloevent.id – Tiap akhir bulan Maret, tepatnya tanggal 27 Maret, diperingati sebagai Hari Teater Dunia. Untuk merayakannya, sejumlah seniman dan komunitas teater dari berbagai daerah berkumpul dalam acara Hatedu #5 di Solo. Solo adalah salah satu kota yang turut merayakan Hari Teater Dunia.

Acara yang digelar oleh Solo Log Community bersama pegiat teater se-Solo ini diselenggarakan di kawasan Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) dan berlangsung selama tiga hari, 27-29 Maret 2018.

Masih sama dengan tahun kemarin, Hatedu menjadi momentum silaturahmi antarpegiat seni. “Hari Teater Dunia ini adalah momentum silaturahmi, berjumpa dengan kawan-kawan pegiat seni khususnya di bidang teater untuk saling menyapa dan berbagi kabar serta kegelisahan,” ujar Ketua Panitia Hatedu #5, Aryanti Intan, Kamis (29/3/2018).

Hatedu #5  tidak hanya ditujukan bagi seniman pegiat teater saja, tetapi juga bisa dinikmati masyarakat luas. Maka dari itu, tema yang diangkat bertajuk “Pesta Rakyat Kesenian”.

“Kami ingin membuka selebar-lebarnya hari raya kami ini agar tak sekedar bisa dinikmati para pegiat teater saja, tetapi juga pegiat atau seniman lain di luar teater dan masyarakat umum secara luas,” tambah Aryanti.

Hatedu #5 pun dikemas lebih beragam dalam beberapa mata acara, seperti pertunjukan seni dan teater, workshop dan sarasehan, serta instalasi seni rupa dan dokumentasi.



Kegiatan yang memasuki tahun kelima ini direspon positif dari sejumlah kalangan teater maupun seniman. Total ada 32 penyaji pertunjukan teater yang berasal dari berbagai daerah, seperti Ponorogo, Surabaya, Yogyakarta, Ambarawa, Kalimantan Tengah dan masih banyak lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here