Belajar Jadi MC Profesional Bareng Adia Prabowo

0
259

Soloevent.id – Kalau kamu sering dengerin radio atau suka main ke event-event di Kota Solo, mungkin udah enggak asing sama Adia Prabowo. Kamis (28/2/2019) di Double Decker Casual Dining, Adia menjadi pembicara tunggal di event Kumpul Kamu yang diadakan Prambors Solo. Talkshow kali ini membahas “How to be a Professional MC”.

Adia bilang seorang MC wajib punya persiapan. Salah satunya mempersiapkan skrip sebagai pegangan. “Bikin skrip berisi paparan acara, nama tamu VVIP, preview singkat mengenai materi/pembicara. Skrip itu penting banget,” jelasnya.

“Tetap perhatikan rundown, kenali juga materi acara dan product knowledge agar kamu tetap on track,” tambah Adia.

Hal penting lain yang wajib dipunyai MC adalah bisa berpikir cepat dan tanggap terhadap situasi, serta selalu tenang jika ada perubahan mendadak. Makanya, seorang MC harus melakukan koordinasi ke semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut hingga mengecek kelengkapan acara. “Bocoran dikit nih, terkadang dalam acara pemerintahan, beberapa menit sebelum acara dimulai, susunan acaranya bisa berubah semua,” bebernya.

Yang enggak boleh luput juga adalah saat menyampaikan greeting. Saat menyapa tamu undangan – biasanya pejabat, ada tata caranya, yakni dimulai dari yang paling tinggi jabatannya. Beda lagi dengan urutan pemberian sambutan. Itu dimulai dari jabatan terendah dan diakhiri dengan jabatan tertinggi. Sehabis menyimak sambutan, seorang MC enggak dianjurkan memberi komentar terhadap sambutan, itu demi efisiensi waktu dan menghindari salah tafsir.

Di Kumpul Kamu, Adia juga menjelaskan cara memandu acara formal dan informal. Penanganannya beda. Di acara formal, MC harus menggunakan tone suara formal. Sementara di event informal, MC bisa jadi diri sendiri.

Yang perlu diingat, meski memandu acara informal, bukan lantas MC bebas bikin jokes porno, SARA, atau menghina penonton. Di acara informal, MC juga harus melakukan banyak interaksi dengan audiens, salah satu caranya yaitu dengan flooring (turun ke penonton). Flooring juga bisa jadi solusi saat berhadapan dengan tipe penonton yang enggak aktif.



Terus saat sudah sering mendapat job MC, apakah Adia tetap merasa deg-degan? “Pastinya ada, tapi pekerjaan MC yang penting percaya diri dan selalu persiapkan semuanya,” terangnya.

Kata Adia, seseorang enggak bisa langsung menjadi MC sukses. Semua butuh proses. Dan saat menekuni profesi MC, usahakan selalu mencoba tantangan apa saja yang ditawarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here