Barista-Barista Unjuk Keterampilan di Kayu Manis

0
93

Soloevent.id – Kayu Manis Coffee and Steak adalah salah satu kafe kopi di Kota Solo. Selasa (9/4/2019), kafe yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 158, Timuran, Banjarsari, itu mengadakan lomba manual brewing bagi para barista. Lomba tersebut merupakan rangkaian perayaan ulang tahun ketiganya.

Di event bertema Agitation ini, 45 barista dari dalam maupun luar Solo Raya beradu keterampilan meracik kopi. Para peserta dibebaskan menggunakan peralatan yang ada. Menurut Ketua Penyelenggara Agitation sekaligus Barista Kayu Manis Coffee and Steak, Triyono, kriteria penjurian antara lain meliputi aroma, balance, acidity, sweetness, dan body.

Kopi racikan peserta dinilai oleh tiga juri. Ada tiga kriteria penilaian, yaitu “cukup enak” (mendapat 1 poin), “enak” (2 poin), dan “sangat enak” (4 poin). Nilai para juri diakumulasi. Barista dengan poin tertinggi bisa maju ke tahap selanjutnya. Ada empat babak dalam lomba ini.

Triyono menjelaskan, selain sebagai rangkaian hari jadi ketiga Kayu Manis, lomba tersebut diadakan supaya para barista bisa semakin meningkatkan kemampuanya, sekaligus menambah wawasan mengenai kopi. “Dengan penyelenggaran kompetisi kopi seperti ini, secara enggak sadar mereka (barista atau pelaku kopi) pasti mempersiapkan diri dan meningkatkan skill-nya,” ungkap dia.



Marketing Communication Kayu Manis Coffee and Steak Rika Kuncoro menerangkan Agitation merupakan event perdana yang diadakan Kayu Manis. Jika sukses, lomba ini rencananya dijadikan event tahunan. Pihaknya juga tengah menyusun materi-materi untuk lebih mengenalkan Kayu Manis beserta grup waralabanya, Ikan Goreng Cianjur, yang berada dalam satu lokasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here