AYAT-AYAT CINTA 2: BALADA ASMARA FAHRI

1
41

AYAT-AYAT-CINTA-2-015


Soloevent.id – Ayat-ayat Cinta 2 mulai tayang di bioskop Indonesia per 21 Desember 2017. Film yang berangkat dari novel Habiburrahman El Shirazy ini merupakan lanjutan dari film berjudul sama yang rilis pada 2008 lalu. Sama seperti novelnya yang laris manis, Ayat-ayat Cinta (AAC) pertama berhasil menembus box office Indonesia.


Sebelum menonton Ayat-ayat Cinta 2, mari sedikit flashback dengan film pendahulunya.


AAC pertama disutradarai Hanung Bramantyo. Seperti novelnya, film ini mengisahkan seorang mahasiswa Indonesia, Fahri namanya, yang menuntut ilmu di Mesir, suatu negeri tua yang sarat akan sejarah umat Muslim dunia.


AYAT-AYAT-CINTA-2-016


Fahri berasal dari keluarga biasa. Saat di Mesir, ia dihadapkan dengan budaya dan masyarakat berbeda. Selama di negeri itu, Fahri juga mengalami pergolakan asmara. Ia bertemu Aisha dan Maria, dua wanita yang punya latar belakang berbeda.


Aisha adalah wanita Muslim yang menutup dirinya dengan cadar, sedangkan Maria menganut Koptik Ortodok. Sebetulnya dalam novel ada satu perempuan lagi bernama Nurul, seorang mahasiswi Indonesia yang ada di Mesir. Namun, tokoh ini tidak begitu ditonjolkan dalam film, padahal versi novelnya, Nurul diceritakan begitu mencintai Fahri juga. Bagaimana pun ekspektasi pembaca, pada versi filmnya Fahri lebih memilih Aisha dan Maria.


AYAT-AYAT-CINTA-2-017


Nah, di Ayat-ayat Cinta 2 yang kini disutradarai Guntur Soeharjanto, penonton tidak lagi disajikan pemandangan gurun pasir karena Mesir telah ditingalkan. Fahri  yang tetap diperankan oleh Fedi Nuril telah makmur di Eropa. Ia bekerja mapan sebagai dosen dan peneliti terhormat di universitas ternama di Edinburgh, Skotlandia.


Biasanya film sekuel itu akan berbeda gregetnya dengan yang pertama. Namun, Ayat ayat Cinta 2 sepertinya bisa jadi lebih seru. Ini dikarenakan Fahri kehilangan jejak Aisha saat istrinya itu menjadi sukarelawan di Jalur Gaza.


AYAT-AYAT-CINTA-2-002


Dalam kesedihannya itu Fahri lagi-lagi  bertemu dengan tiga perempuan, yakni Hulya (Tatjana Saphira), gadis Turki-Jerman yang masih saudara Aisha; lalu Keira (Chelsea Islan), perempuan Skotlandia yang ingin jadi pemain biola; dan Sabina (Dewi Sandra), imigran gelap yang ditolong Fahri dan bekerja pada Fahri.


Tiga perempuan itu selalu hadir dalam hari-hari Fahri tapi tentu muaranya tetap pada Aisha yang selalu di hati dan pikiran Fahri.


Apakah Ayat-ayat Cinta 2 akan melanjutkan kesuksesan film yang pertama? Patut dinanti.


 

 

Penulis: Puitri Hatiningsih

Foto: Reza Kurnia Darmawan

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here