Awalnya Tempat Berlatih Prajurit, Kini Jadi Venue Event

0
54

Soloevent.id – Kamu sudah pernah mengunjungi Puro Mangkunegaran? Bangunan istana yang didirikan tahun 1757 oleh Mangkunegara I ini sangat luas dan di dalamnya masih tersimpan benda bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Salah satu bagian dari Puro Mangkunegaran adalah Pamedan. Tanah seluas lebih kurang tiga hektare yang berada di belakang gapura Mangkunegaran ini juga menyimpan sejarah.

Fungsi Pamedan

Dahulu, Pamedan dijadikan tempat berlatih dan menjadi pusat Legiun Mangkunegaran.

Oleh raja, Pamedan dijadikan tempat penting. Berada di bagian depan istana, Pamedan menjadi lambang ditegakkannya sistem kekuasaan atas suatu wilayah tertentu. Pamedan juga berfungsi sebagai tempat unjuk kekuatan militer kepada pihak lain.

Gedung Kavallerie-Artillerie

Di sebelah timur Pamedan terdapat gedung Kavallerie yang dibangun pada tahun 1874 semasa pemerintahan Kanjeng Gusti Adipati Arya Mangkoenagoro IV. Gedung bersejarah ini dulunya digunakan sebagi pusat Legiun Mangkunegaran.

Revitalisasi Pamedan

Tahun ini, kawasan Pamedan direvitalisasi. Proses pemasangan paving dilakukan mulai dari kawasan Kavallerie-Artillerie hingga Pamedan di sisi barat. Pamedan barat yang dulunya menjadi tempat tumbuh alang-alang ini pun sudah diberi paving.

Selain untuk memperindah cagar budaya tersebut, pemasangan paving dilakukan agar kawasan itu bisa dimanfaatkan sebagai lahan parkir dan tempat penyelenggaraan event.



Mangkunegaran Jazz Festival

Salah satu event yang bakalan diadakan dalam waktu dekat adalah Mangkunegaran Jazz Festival. Meski acara intinya baru diselenggarakan Maret 2019 mendatang, tapi pre-event-nya akan digelar pada Sabtu-Minggu (24-25/11/2018).

Humas dan Sekretariat Puro Mangkunegaran, Joko Pramudyo mengatakan, “Acara ini  sekaligus sebagai pengenalan budaya Jawa – khususnya dari Mangkunegaran, dengan pengemasan kekinian melalui festival musik jaz,” tuturnya dalam jumpa pers di Bale Warni Pura Mangkunegaran, Senin (19/11/2018).

Konon, konser ini menjadi festival jaz pertama yang diadakan kerajaan di Jawa.

Event-event di Pamedan

Sebelum direvitalisasi pun, Pamedan sudah kerap dijadikan tempat penyelenggaraan event. Pertunjukan berskala besar, seperti Matah Ati, Solo International Performing Arts, Solo International Ethnic Music pernah digelar di Pamedan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here