Asyiknya Bermain Permainan Tradisional

0
53

Soloevent.id – Sore itu, 50-an anak dari Sanggar Tari Sang Citra Taman Cerdas Jebres sedang asyik bermain dolanan tradisional. Mereka secara berkelompok memainkan bakiak, engklek, dakon, egrang, lompat tali, gasing, dll. Suasana tambah seru ketika lomba memainkan permainan tradisional dimulai.

Tulisan di atas adalah gambaran kegiatan Laladore (Lare Lare Dolanan Sore). Acara tersebut digelar oleh Paguyuban Putra Putri Solo di Taman Cerdas Jebres, Sabtu (11/5/2019). Laladore bertujuan untuk menghibur sekaligus mengingatkan kembali masyarakat mengenai permainan tradisional.

Wakil Ketua Panitia Laladore Laurensia Liona mengatakan, “Banyak anak zaman sekarang lebih menyukai permainan melalui gadget ataupun smartphone. Itu menimbulkan sikap yang lebih individualis atau kurangnya interaksi sosial. Maka kami dari Putra Putri Solo angkatan 2018 menggelar acara ini. Permainan tradisional dapat melatih anak-anak mengembangkan syaraf motorik, kecerdasan, dan membuat anak lebih bisa melestarikan tradisi dan budaya lokal,” ujarnya di sela acara.

Kegiatan Laladore di Taman Cerdas Jebres merupakan penutup dari rangkaian kegiatan yang telah digelar sejak April lalu. Laladore pertama kali digelar di area car free day pada 21 April 2019 lalu, kemudian di Taman Jaya Wijaya Mojosongo (27 April), dan Monumen 45 Banjarsari (4 Mei).



Selain permainan tradisional, Paguyuban Putra Putri Solo juga menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta untuk menghadirkan mobil perpustakaan keliling. Di akhir acara ada pembagian buku gratis dan takjil untuk anak-anak yang hadir. Paguyuban Putra Putri Solo juga mengajak masyarakat yang hadir sore itu untuk berbuka bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here