ADRIAN YUNAN DAN KEBANGKITANNYA MELAWAN PENYAKIT

ADRIAN-YUNAN-01

 

Soloevent.id – Jika kamu adalah penggemar band Efek Rumah Kaca, tentunya tidak asing dengan seseorang bernama Adrian Yunan. Dia adalah pemain basnya. Namun, karena masalah kesehatan, dia terpaksa rehat.

 

Jadi ceritanya, Adrian didiagnosis mengidap behçet’s disease, penyakit yang dapat melemahkan saraf di badan. Untuk kasus Adrian, penyakit tersebut menyerang penglihatannya.

 

Adrian sempat terpukul, tapi akhirnya memilih bangkit. Salah satu wujud kemenangannya adalah album solo perdana bertajuk Sintas yang dirilis pada Juni 2017. Ada sepuluh lagu bernuansa pop-folk di album ini, semuanya berbahasa Indonesia.

 

Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia, “sintas” berarti terus bertahan hidup dan mampu mempertahankan keberadaannya. Dari sini semua jelas, Sintas merupakan album yang menggambarkan bagaimana Adrian Yunan menjalani dan memandang kehidupan dari kacamata seorang penyintas.

 

Sepuluh track di Sintas sebenarnya Adrian siapkan untuk Efek Rumah Kaca, tapi akhirnya tidak terpakai. Oleh Cholil Mahmud (vokalis Efek Rumah Kaca), lagu-lagu itu disarankan dibikin sebagai proyek solo.

 

Dari album ini, pendengar diajak Adrian memasuki ruang-ruang pribadinya. Misal seperti “Terminal Laut”, sebuah lagu yang ia persembahkan kepada sang istri, Yonita Ismiyati. Di tengah kebimbangan kondisi fisiknya yang melemah sekaligus kekalutan karena belum juga dikaruniai anak, mereka kepingin refreshing ke pantai. Itulah inspirasi “Terminal Laut”.

 

Ada juga “Tak Ada Histeria” yang Adrian ciptakan saat terbaring selama masa-masa berat. Atau “Mikrofon”, lagu yang menjelaskan penghormatannya kepada musik, teman setianya yang mendampingi melewati cobaan. Saat jagoan putrinya lahir ke dunia, Adrian menciptakan “Mainan”, sebuah lagu permintaan maaf karena ia tidak sengaja merusak mainan anaknya.

 

Nah, lagu-lagu itu kemungkinan bakal dia bawakan saat manggung di Rapmafest #4, Sabtu (21/10/2017). Acara yang diadakan radio Rapma FM itu berlangsung di GOR UMS Surakarta Kampus 2. Ini adalah penampilan perdana Adrian Yunan dalam format solo.

 

 

Teks: Reza Kurnia Darmawan

Foto: Twtter

Terkait

NDX DAN SOULJAH BAKAL GOYANG ART FOR CULTURE 2017   Soloevent.id - Siap jejogetan bareng NDX dan Souljah di Art for Culture 2017? Iya, dua grup musik tersebut bakalan menjadi bintang tamu di...
KONSER POWER METAL: SOLO MANTAB!   Soloevent.id - Cukup lama Power Metal tidak manggung di Kota Solo, tepatnya lima tahun. 2012 lalu Power Metal main bareng Jamrud dan Kaisa...
7 TIPE PENONTON KONSER MUSIK     Soloevent.id - Konser musik jadi tempat bertemunya penggemar dengan idola. Ada banyak tipe penonton yang bisa kamu temui di...
NOSSTRESS: BAND FOLK ASAL BALI YANG VOKAL   Soloevent.id - Berkontribusi untuk lingkungan bisa disalurkan lewat banyak hal. Misalnya seperti yang dilakukan Nosstress, band indie asal...
PERJALANAN KARIR SI CANTIK NELLA KHARISMA Soloevent.id - Genre dangdut koplo memang lagi ngehits banget belakangan ini. Selain Via Vallen, ada Nella Kharisma, salah satu penyanyi dangdut y...