7 Agenda Februari 2018 di Bentara Budaya Balai Soedjatmoko

0
119

BALAI-SOEDJATMOKO-001


Soloevent.id – Di bulan kedua 2018 ini, Bentara Budaya Balai Soedjatmoko sebagai ruang seni, kembali menggelar berbagai kegiatan, mulai dari pameran, bedah buku, pertunjukan musik, dan lainnya.


Nah, berikut ini adalah agenda Februari 2018 di Bentara Budaya Balai Soedjatmoko, Solo.


 

1. Bincang buku Melampaui Citra & Ingatan (2 Februari, 19.30 WIB)

Bambang Bujono merupakan penulis seni rupa yang berkarir sejak 1968. Buku yang terdiri dari 101 tulisan dalam lima bab dan dilengkapi 38 karya foto, seniman, maupun suasana pameran ini menampilkan pandangan-pandangan Bambu (sapaan Bambang Bujono) terhadap peristiwa seni rupa sepanjang 1968-2017.


Mantan jurnalis Majalah Tempo itu akan membahas bukunya bersama Albertus “Titus” Rusputranto, Setyawan, dan dimoderatori oleh Halim HD.


 

2. Anis Kurniasih’s Exhibition Fabula (7-12 Februari, 09.00-21.00 WIB)

Dalam bahasa Latin, “fabula” berarti berbagai bentuk drama; menceritakan sesuatu secara naratif. Lewat pameran Fabula, Anis Kurniasih ingin menggambarkan bahwa alam sudah tidak lagi alami karena campur tangan manusia. Pertentangan itu Anis munculkan lewat drama kehidupan hewan mutan.


Pameran Fabula bakal dibuka pada 6 Februari.


 

3. Keroncong Bale (9 Februari, 19.30 WIB)

Grup keroncong asal Kampung Sekarpace, Orkes Keroncong (OK) Sekar Nada, akan menjadi bintang tamu dalam edisi kali ini. Kelompok musik yang telah berusia tujuh tahun ini menjadi wadah bagi warga Kampung Sekarpace untuk menyalurkan kegemaran bermusik. Tak hanya orang tua, anak-anak mudanya juga mulai menaruh hati kepada keroncong.


Semenjak berdiri, OK Sekar Nada pernah manggung di Joglo Sriwedari dan Taman Budaya Jawa Tengah, mengisi acara pernikahan dan berbagai acara lainnya.


 

4. Konser Nyanyian Musik Cerita Buat Lila (14 Februai, 19.30 WIB)

Konser ini dipersembahkan Jodhi Yudono kepada sang mendiang isteri, Violi Lila. Lagu-lagu ciptaan Jodhi yang digubah dari puisi-puisi tulisannya maupun penyair lain seperti WS Rendra dan Chairil Anwar, akan ia bawakan bersama Noorca Massardi, Rayni N. Massardi, Rumah Balada Indonesia (RBI), dan musisi lain.


Jodhi – yang pernah membikin album Satu Hati bareng Iwan Fals, Doel Soembang, Trie Utami – menulis “Cerita Buat Lila” saat istrinya masih hidup. Puisi ini ibarat dongeng pengatar tidur dan kerap dinyanyikan bersama di pembaringan.


 

5. Macapat Soedjatmakan (19 Februari, 19.30 WIB)

Serat Rerapan Gandrung Kusuma yang ditulis oleh KRM Arya Wuryaningrat akan ditembangkan pada kesempatan kali ini.


 

6. Blues on Stage “Blues in Love” (22 Februari, 19.30 WIB)

Band dan komunitas blues di Kota Solo, misalnya Blues Brothers, Solo Blues Rock, West Brother, Farinela, bakalan menyanyikan lagu-lagu blues bertema kasih sayang . Tema “Blues in Love” dipilih karena Februari identik dengan bulan kasih sayang.


 

7. Senvisual Exhibition (25-28 Februari, 09.00-21.00 WIB)

Digelar oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Sahid Surakarta, “Bebas Berlokalisasi” akan menjadi tema pameran ini. Karya-karya desain dan visual kreatif yang ditampilkan memiliki sesuatu yang menggoda dan menggugah rasa masyarakat kepada dunia DKV.


Senvisual – pamerannya dibuka 24 Februari – juga bakalan mengadakan workshop ilustrasi dan tiga talkshow yaitu fotografi, brand clothing, animasi icon dan pictogram.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here