5.000 Lampion Akan Percantik Kota Solo

1168

Soloevent.id – Kalau lampion di kawasan Jl. Jenderal Sudirman hingga Pasar Gede mulai terlihat bergelantungan, itu tandanya sebentar lagi Kota Solo memasuki musim swafoto. Yap, seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek, kawasan Pecinan di Kota Bengawan bakalan dipercantik dengan instalasi lampion.

Satu bulan jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili, lampion-lampion berwarna merah mulai menghiasi  Jl. Jenderal Sudirman sampai Pasar Gede. Saat berita ini ditulis, lampion sudah dipasang di Jl, Jenderal Sudirman, Kali Pepe, atas tugu jam Pasar Gede, dan Jl. R.E. Martadinata sebelah barat. Pemasangan dilakukan mulai 19 Desember 2019.

Ketua Panitia Bersama Solo Imlek Sumartono Hadinoto mengatakan nantinya akan ada 5.000 lampion yang dipasang. Selain lampion bulat, ada juga dua set lampion karakter 12 shio yang bakal menghiasi  Jl. Jenderal Sudirman dan Pasar Gede. Karena 2020 merupakan tahun Tikus Logam, juga akan dipasang dua karakter tikus raksasa dan Dewa Uang.

Melihat kondisi cuaca akhir-akhir ini, Sumartono beserta timnya mencoba untuk memperkuat fondasi agar saat hujan badai menerpa, lampion-lampion yang terpasang bisa lebih kuat. “Kalau sudah berhubungan sama alam ya kita tidak bisa berbuat lebih,” ungkap Sumartono saat ditemui Soloevent di Markas Palang Merah Indonesia Surakarta, Kamis (26/12/2019).



Rencananya, lampion-lampion ini dinyalakan mulai pertengahan Januari hingga akhir Febuari 2020, bersamaan dengan penutupan Solo Great Sale.